Bahasa Pemrograman WEB

BAHASA PEMROGRAMAN WEB









 1. Pengertian HTML ( hyper Text Markup Language )
 Gambar HTML
HTML bisa kita artikan Hyper Text Markup Language yaitu Memembuat halaman web yang menampilkan sebuah informasi.
HTML itu berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai yang diinginkan.
Contoh sebuah file yang digunakan oleh HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozila Firefox,Google Chrome , dan Microsoft Internet Explorer.

 2. Pengertian PHP (Hypertext Preptorcessor )
Gamabr PHP
PHP atau bias disebut Hypertext Preprocessor adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini.PHP dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada pertama kali PHP masih bernama FI ( Form Interprented )yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web.

 3. Pengertian ASP ( Active Server Pages )
Gamabar ASP
ASP atau bisa disebut Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemrogaman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis.ASP ialah salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft.

 4. Pengertian XML ( Extensible Markup Language )
Gambar XML
XML bisa disebut Extensible Markup Language adalah bahasa markup serbaguna yang direkomdasikan oleh W3C( World Wide Web ) untuk mendeskripsikan sebagai macam data.XML menggunakan markup tags sperti halnya HTML namun penggunanya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja.

 5. Pengertian WML ( Wireless Markup Language )
WML bisa disebut Wireles Markup Language adalah bahasa pemrograman yang diguanakan dalam aplikasi bebasis XML. WML ini adalah bahasa pemrograman yang digunakan dengan aplikasi wireless.

 6. Pengertian PERL
Perl adalah bahasa pemrograman untuk mesin dengan system operasi linux.Contoh Linux seperti : Ubuntu , SunOS Dll )

 7. Pengertian CFN
CFN itu dibuat menggunakan tag Coldfusion dengan software Adobe ColdFusion / Bluedragon dan ColdFusion Studio

 8. Pengertian Java script
Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client . Javascript merupakan bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape.Unutk menjalankan script yang ditulis dengan java script kita membutuhkan java script enable browser yaitu browser yang mampu menjalankan java script.

 9. Pengertian CSS ( Cascanding Style Sheets )
CSS bisa ddisebut Cascanding Style Sheets adalah suatu bahasa syle sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang di dalam bahasa markup.

  10. Pengertian TAG
Tag adalah sesuatu yang digunakan untuk menandai elemen² dalam suatu dokumen HTML Tag dalam HTML terdiri dari tanda lebih kecil (<) , lebih besar (>) , dan garis miring (/). Biasanya tag ditulisa berpasangan misalnya <h1> dan </h2>. Tag yang tidak menggunakan garis miring adalah tag pembuka atau awal elemen sedangkan tag yang menggunakan garis miring yaitu tag penutup elemen atau akhir elemen

Comments

Popular Posts