Glosarium Software Engineering

Software Engeneering :
1.       Developer       adalah  Pengembang
2.       Development  adalah    Mengembang
3.       Engineer          adalah  Insinyur Perengkat Lunak
4.       Compiler           Adalah  Suatu program yang menerjemahkan bahasa program (source code) ke  dalam bahasa objek (obyek code )
5.       Interpreter        adalah Perangkat lunak yang mampu mengeksekusi  code program ( yang ditulis oleh programmer ) lalu di terjemahkan ke dalam bahasa mesin , sehingga mesin melakuka intruksi yang diminta oleh programmer.
6.       Beta                     Adalah  Percobaan
7.       Operation System adalah Seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras computer atau hardware dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak.
8.       Open Source adalah  Membuka source codenya untuk dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerja software tersebut dan sekaligus memperbaiki kelemahan yang ada pada software tersebut.

9.       Komputasi Awan adalah Gabungan pemanfaatan teknologi computer dan pengembangan berbasis internet.

10.   Ubiquitous computing adalah dapat didefinisikan sebagai penggunaan komputer yang tersebar di mana user berada. Sejumlah komputer disatukan dalam suatu lingkungan dan tersedia bagi setiap orang yang berada di lokasi tersebut. Setiap komputer dapat melakukan pekerjaan yang dipersiapkan untuk tidak banyak melibatkan intervensi manusia atau bahkan tanpa harus mendeteksi di mana pemakai berada


11.   The New Economy adalah new economy diartikan sebagai transisi dari dari heavy industry menuju technology-based industry. Artinya semua kegiatan industri yang terjadi pada saat ini merupakan new economy karena hampir setiap aspek industri sudah menggunakan sentuhan teknologi dalam pengoperasiannya. Perkembangan new economy dirasakan sangat pesat setelah ditemukannya komputer pertama, ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Komputer), pada tahun 1946 yang diiringi dengan penemuan-penemuan lain seperti PC (Personal Komputer) dan PDA (Personal Data Assistant) Setelah itu, perkembangan komputer benar-benar tidak bisa dibendung hingga akhirnya mampu menjangkau semua segmen masyarakat seperti sekarang ini.


 Web Software 



1.       Dropbox.com
Dropbox adalah layanan penyedia data berbasis web yang dioperasikan oleh Dropbox, Inc.Dropbox menggunakan sistem penyimpanan berjaringan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi data serta berkas dengan pengguna lain di internet menggunakan sinkronisasi data.

2.     Google Drive
Google Drive adalah layanan penyimpanan dari milik google yang diluncurkan pada tanggal 24 april 2012. Layanan ini merupakan ekstensi dari Google Docs dan akan mengganti URL docs.google.com dengan drive.google.com setelah diaktifkan.


3.     SalesForce.com

Salesforce adalah suatu layanan software CRM berbasis clound yang bersifat disewakan Jadi perusahaan pengguna tidak perlu mengimplementasikan CRM diperusahaannya..
Lalu apa yang dimaksud dengan CRM? CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management. CRM sendiri merupakan suatu sistem informasi perusahaan yang diterapkan untuk menejemen hubungan pelanggan di suatu perusahaan. Dengan CRM, perusahaan berorientasi pada pemenuhan kepuasan pelanggan terhadap produk dari perusahaan tersebut. Contoh dari komponen CRM yaitu callcenter, sales force, technical support, marketing, dan lain-lain.
4.     Amazon Ec2
Amazon Web Services adalah sekumpulan layanan-layanan berbasis cloud yang di sediakan oleh Amazon semenjak tahun 2002. Meskipun salah satau perusahaan raksasa internet ini sering kita kenal untuk membeli buku, namun sekarang Amazon telah menambah layanan nya dalam hal infrastrutktur cloud.



5.     Google Engine
Search engine atau di-Indonesia-kan menjadi mesin pencari adalah sebuah sistem perangkat lunak (software) yang di desain untuk melakukan pencarian data atau informasi di world wide web (www). Hasil pencarian akan menampilkan serangkaian informasi yang bersumber dari website/blog tertentu, hasil pencarian ini sering disebut Search Engine Result Pages (SERPs)

6.     Mendeley.com
Mendeley merupakan piranti lunak yang memiliki kemampuan dalam mengolah database ilmiah berupa e-journal, e-book dan referensilainny



7.     Sme.telkom.co.id
SME Center bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing UKM melalui dukungan solusi ICT. SME Center menjadi wadah perkenalan Telkom sebagai penyedia solusi TI. “Melalui SME Center, UKM bisa mendapatkan bantuan teknis/solusi dalam pengelolaan bisnis, pemasaran, keuangan, dan desain. SME Center mengemban serangkaian fungsi, yaitu sebagai etalase pelayanan Telkom, sebagai arena demo layanan, klinik solusi, virtual office, dan e-commerce.

E

Comments

Post a Comment

1.Jangan Lupa Commentnya :)

Popular Posts