16 Dampak Positif Ngidol JKT48 Bagi Remaja Indonesia (Otaku Ngidol)

        Apa saja dampak positif ngidol 48 bagi anak Indonesia ? atau secara khusus apa saja hal-hal yang bermanfaat untuk fans JKT 48 ? Pertanyaan itu tentu pernah ditanyakan oleh sesama fans 48 atau bahkan ditanyakan oleh anti-48. Pertanyaan ini juga pasti pernah ditanyakan oleh orang tua yang melihat anaknya mulai gila karena ngidol 48. Oleh karena itu, penulis akan menjabarkan manfaat-manfaat itu berdasarkan penelitian ber-abad-abad di forum-forum fans 48 di media sosial, ternyata menemukan 16 manfaat, lumayan banyak juga coeg, diantaranya sebagai berikut :
1. Menikmati hiburan
      Jelas sekali dampak yang paling pertama dan yang terutama adalah memperoleh hiburan. Walaupun tidak ada fanservice (coeg ! Ngarep fanservice dalam negara kita yang menjunjung tinggi moralitas ini). Yang pastinya lagu-lagu 48 memang enak didengar, dan juga komposisi musiknya benar-benar balance dengan sintesis vokal para membernya.
      Melalui Aki-P atau Yasushi Akimoto, boss besar 48 fam. Lagu-lagu yang dibawakan 48 benar-benar bernuansa jejepangan yang asik untuk didengar, warna musik ini memang akrab ditelinga para anime lovers ataupun para penikmat game buatan jepang. Rasa musik sangat manis ataupun pahit, seperti di balut dengan belgian coklat. (Wait ! Itu kaya iklan).
2. Cuci mata
       Walaupun tidak ada fanservice para fans 48 bisa cuci mata. Bagaimana tidak, member idol 48 itu cantik-cantik, kayak ada acem-acemnya gitu (njirr ! Itu ketek).
Selain cantik kostum (seifuku) mereka juga keren. Khas style jejepangan, seperti dalam anime-anime gendre school, seinen, comody, ecchi, hent*i dsb.
      Cuci mata yang normal ya memang dengan melihat wajah jelita membernya dan juga body kencang mereka yang masih daun muda. Tapi terkadang mereka juga tidak sengaja membuat fans salah fokus, entah disengaja ataupun tidak, yang pastinya itu menjadi bonus cuci mata. Apalagi kalau JOT sempat lengah (njirr! Berharap mereka lengah)
3. Memberikan motivasi hidup
      Kebanyakan lagu 48 memang lagu semangat yang memberikan motivasi hidup untuk terus berjuang mengejar mimpi. Mimpi itu bisa dalam bentuk cita-cita menjadi sesuatu ataupun perjuangan cinta.
4. Cepat dewasa
       Tentu banyak anak-anak dibawah umur yang terpengaruh saat menonton dan mendengarkan lagu-lagu 48, ataupun aktif dalam forum-forum fans 48. Kita tau lagu2 48 itu sebagian lagu-lagu cinta, dan tentu kita juga tau di forum-forum fans 48 itu rata jones yang memuja-muja oshinya.
       Sehingga anak-anak dibawah umur itu lebih cepat mengenal yang namanya cinta, lebih cepat sadar akan pentingnya pacaran, lebih cepat merasa dirinya jones (coeg! Padahal bocah memang belum pantas pacaran, udah ngaku jones).
5. Bertambahnya jumlah jones
       Tau kenapa jumlah jones akan bertambah ? Tentu saja jawabannya karena para fans akan terus memuja oshi-nya dan ngarep jadian sama oshi-nya, padahal hal itu mustahil, seperti punguk merindukan bulan (Adoh ! ini pribahasa lama, serasa tua).
      Karena itu tidak diragukan lagi, semakin meningkatnya fans 48 berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah jones dimuka bumi ini. Atau bisa kita katakan saat permintaan akan oshi meningkat, sedangkan persediaan oshi terbatas, maka saat itulah harga oshi naik. (Wait ! Kok kayak membahas ekonomi).
6. Menurunnya persaingan cinta
       Karena para Fans 48 itu ngarep oshi-nya atau minimal mirip oshinya, akhirnya para Fans itu akan mengabaikan cewek-cewek yang biasa2 aja disekelilingnya. Padahal cewek-cewek disekelilingnya bisa saja cute, yang bisa ch4yank kepada mereka ch3l4manya (coeg! Seakan-akan cewek selain 48 alay).
      Oleh karena itu, cewek-cewek biasa ini bisa di kejar oleh yang bukan fans 48. Sehingga bursa cewek dalam Indeks harga cewek gabungan (IHCG) dapat stabil dalam kisaran 4.0. Sehingga hal ini memudahkan pekerjaan para pegawai Bursa Effek Indonesia (BEI) dalam menekan laju inflasi jones. (Wait ! Kok kya membahas pasar saham).
7. Menurunnya kasus percintaan
      Dalam tentu ada kasus-kasus tertentu yang rumit dan membuat galau, seperti perselingkuhan, NTR, PHP, CLBK, esek-esek, dsb. Akan tetapi, ketika seseorang menjadi fans 48, ia tidak akan mengalami kasus-kasus itu, karena hari-harinya hanya memikirkan oshi-nya.
       Salutnya, Oshi tentu tidak akan pernah menyakiti fans nya, oshi akan selalu berkorban untuk giat berlatih agar tampil maksimal di depan para fans. Tapi masalahnya cuma satu, oshi tidak bisa dimiliki oleh fans :'v
8. Meningkatkan Imanjinasi
       Kita tau kalau fans 48 tentu punya harapan agar bisa berpacaran dengan oshi, atau bahkan sampai menikah dengan oshi, dan mempunyai anak, lalu menafkahi oshi, ikkeh oshi dsb.
        Akhirnya, fans yang tidak bisa mewujudkan itu semua, perlahan-lahan mulai ber-imanjinasi. Entah itu imanjinasi dalam bentuk abstrak berupa pikiran-pikiran, khayalan, sugesti, maupun dalam bentuk konkret berupa gambar, foto, catatan,dsb.
9. Menaikkan omset perusahaan sabun
       Bagi para Fans 48 yang punya imanjinasi yang tinggi, dampak berikut ini pasti terjadi. Ngga usah di jelasin lagi, rata-rata pasti paham :v
10. Mengurangin tindak penyimpangan seksual
       Tindak-tindak penyimpangan seperti pelecehan, percabulan bahkan pemerkosaan dapat dikurangi jika orang-orang mulai menjadi fans 48, tentu saja karena karena fans 48 hanya akan memikirkan oshinya, tidak dengan cewek lain. Coba perhatikan misisnya perilaku pacaran remaja SMA jaman sekarang.
      Dan juga jangan malu kalau cowok di hina fans nya 48, itu membuktikan kalau lo ngga Maho, masih suka sama lawan jenis. Artinya, fans 48 sehat secara gender.
11. Mendukung laju pertukaran rupiah.
      Menjadi fans 48 tentu tidak hanya jadi penikmat musik mereka saja, melainkan juga ada perlengkapan dan peralatan ngidol yang perlu dibeli, seperti Lightstick, SWAG, baju, celana, jaket, bra, bahkan kancut berlogo dan bergambar idol (njirr! Emangnya ada cancut bergambar Ayen, ane beli). Atau membeli produk-produk Idol, seperti DVD album, photopack, vibrator, sukijan (wait ! Kayanya dua yang terakhir itu bukan dehh).
        Dan tentu juga bagi yang mau nonton live harus beli tiket, tiket twoshoot atau yang streaming juga harus beli kuota internet. Bersosialisasi dengan sesama fans juga harus beli kuota internet. Jadi, bagi para fans panatik yang memerlukan itu semua, tentu harus mengorbankan rupiah yang lumayan, apalagi kalau barang-barang yang dibeli ori (OFC).
      Belum lagi dalam senbatsu, pasti ada beberapa fans yang rela beli banyak multi copy tiket, CD, pulsa, kuota internet, supaya bisa banyak-banyak vote untuk oshinya. Bayangkan berapa banyak uang yang harus dikeluarkan.
Walaupun begitu, fans tentu juga dilatih agar bisa menabung agar semua itu bisa dibeli.
12. Menjadi lebih kereatif (kere tapi aktif)
      Bagi fans yang kaya, tidak jadi masalah untuk mengeluarkan banyak uang. Tapi bagi fans yang pas-pas-an, bahkan kalau cuma mengharap uang jajan dari ortu, terpaksa harus menjadi lebih kereatif.
      Jika tidak bisa beli, ya buat sendiri, tergantung kereatifitas masing-masing, bahkan beberapa diantara orang kereatif itu ada yang bisa mendapat keuntungan dari buah karya tangan mereka, dengan cara dijual kepada fans lain seperti Lighstick, kaos, pin, sticker, gantungan kunci, foto paparazi dsb. Bahkan ada juga yang menjual jasa, seperti jasa edit fotoshop bersama oshi.
       Bahkan ada juga blogger sukses karena artikel-artikel yang berhubungan dengan Idol 48. Semoga blog ini juga ketularan sukses :v
13. Menjadi lebih sehat
       Tentu saja menjadi lebih sehat karena saat fans ikut hanshake event, mereka harus bikin gerakan dan chant, atau jika dijepang disebut wotagei.
       Selain itu juga fans akan dilatih pernapasannya saat chant Mix, dimana fans harus teriak-teriak saat oshi mengarahkan mix ke mereka.
14. Mendapat banyak teman baru bahkan pacar sesama Fans 48
       Hampir semua fans 48 pernah merasakan manfaat ini. Baik fans yang mendapat teman baru waktu menonton live, maupun sesama fans yang berteman karena media sosial. Bahkan ada yang sampai jadian, tentu ini menjadi berkah bagi para jones.
15. Mengenal jepang lebih dalam
       Tentu saja karena menjadi fans 48, perlahan-lahan fans akan dikenalkan dengan sesuatu yang berbau jejepangan, baik dari segi bahasa, budaya tradisional maupun budaya pop dll.
      Minimal fans akan mengenal bahasa jepang, seperti Hebirote (heavy rotation), Ponishu, ikkeh, kimochi, yamete kudasai, nggggttt.
16. Bertambahnya jumlah wibu
        Pasti ada fans 48 dari Indonesia yang mulai menjadi wibu, artinya membanggakan jejepangan dan segala sesuatunya dibuat jejepangan atau sok jejepangan. Misalnya dalam perkenalan diri aja pake gaya Jikoshoukai. Menyebut Trainee 48 dengan Kenkyuusei.
       Makan harus di resto jepang, seragam sekolah juga disebut seifuku, padahal batik. Menyebut aku pake watashi segala. Terimakasih Arigato, terus-terus jadi ikeh-ikkeh, enak jadi kimochi, jangan jadi yamete kudasai, nggggggtttt (jangan ngeres woii).
Sekian dulu infonya, jika ada tambahan, silahkan, entar ane update :'v

Sumber : Beranda Otaku

Comments

  1. yg beli sabun buat FAP FAP hidup anda sungguh tragis :v

    ReplyDelete

Post a Comment

1.Jangan Lupa Commentnya :)

Popular Posts