Mengenal Wordpress dan Blogspot

Mengenal Wordpresst

Tak kenal maka tak sayang . Tak sayang maka tak cinta.Begitulah orang orang berkata.Untuk itu,mari kita kenali Wordpress.com dan Blogspot.com.Dua platform inilah yang nanti akan kita gunakan blog fantastis pencetak omzet kita.


Blogspot adalah layanan blog yang dihadirkan oleh blogger.com.Blogger.com merupakan layanan blog yang dimiliki oleh Google.23 Agustus 1999,Blogger diluncurkan oleh Pyra Labs.Sampailah pada tahun 2003 blogger diakusisi oleh Google.

Sama halnya dengan blogger (Blogspot), Wordpress.com juga merupakan layanan blog gratis.Meskipun gratis,fitur yang ditawarkan oleh kedua layanan blog ini patut diacungi jempol. Kehadiran dua platform ini sangat memudahkan orang-orang untuk menjadi seorang pemilik blog. Tak bisa dipungkiri, dua platform ini telah mendukung terciptanya jutaan blogger diseluruh dunia ,termasuk saya.

Bahkan saya sendiri pun termasuk orang yang bisa berkarir karena kehadiran Blogger ini. Jika tak ada platform semacam ini, mustahil bagi saya yang waktu itu (tahun 2011) masih SMP dapat berlatih menulis dan kemudian jadi penulis sejak memasuki SMK. Kehadiran internet dan platform semacam ini benar benar membantu mengubah hidup banyak orang.

Lantas, mengapa kedua platform ini yang kita bahas ? Ini dia jawabnnya.

  • Gratis. Blogspot dan Wordpress ini gratis sehingga sudah tentu cocok untuk dibahas dalam buku ini.
  • Mudah Digunakan. Selain gratis , kedua platform ini juga relatif mudah digunakan. Tempilannya sederhana dan menu  - menunnya mudah diakses. Kedua platform ini jauh dari kesan high tech,tempilannya benar-benar ramah pengguna  (user firendly ). Bahkan anak kecil pun bisa dengan mudah mengoperasikan platform ini.
  • Cocok digunakan dalam pembuatan blog. Blogger dan Wordpress merupakan platform yang telah digunakan banyak orang. Semua blogger pasti kenal dua platform ini. Karena itulah saya tertarik membahas kedua platform ini.
Lantas, diantara Blogspot dan Wordpress, mana yang sebaiknya kita gunakan ? Apakah keduanya harus digunakan ?

Tidak juga  .Anda tidak harus menggunakan keduanya . Anda boleh memilih salah satu aja. Berikut perbandinagn Blogspot dan Wordpress.

Keunggulan dari Wordpress adalah tampilannya yang benar benar ramah pengguna. Dalam arti, Anda tidak akan kesulitan untuk memakai platform ini . Tampilannya sederhana, sehingga sangat nyaman untuk digunakan. 

Hanya saja, Wordpress.com juga punya sejumlah keterbatasan, Keterbatasannya antara lain :

  • Fitur yang lebih terbatas dibanding Blogger. Dibandingkan Blogger (Blogspot), fitur yang dihadirkan oleh Wordpress lebih terbatas. Di Wordpress, kita tidak bebas untuk bekreasi. Dalam arti, kita cenderung untuk mengutak atik tampilan blog kita.
  • Adanya iklan. Nantinya , diblog kita bisa tampil iklan. Iklan ini berasal dari Wordpress.com. Karena layannya gratis , maka Wordpress.com menampilakan iklan di blog kita.
  • Harus membayar untuk fitur yang lebih. Jika kita ingin fitur lebih dari Wordpress.com kita harus membayar. Ambil contoh bila Anda ingin melakukan custom domain (mengganti alamat blog Anda dari www.namablog.wordpress.com menjadi www.namablog.com),maka Anda harus membayar sejumlah biaya. 
Wordpress.com cocok digunakan oleh mereka yang hanya menggunakan blog sebagai media publikasi tulisan. Lain halnya dengan Wordpress, fitur yang ditawarkan Blogspot lebih lengkap. Kita bisa dengan bebas menguatak-atik tampilan blog kita . Tak hanya itu, kita juga bisa menambahkan berbagai kode khusus di blog kita . Intinya, kita relatif lebih bebas dalam berkreasi.

Selain itu ketika kita menggunakan Blogger , Blogger sama sekali tidak menampilkan iklan di blog kita. Kita juga tidak perlu membayar Blogger sebab mereka memang tidak menyediakan layanan berbayar.

Menurut saya lebih baik memilih Blogger (Blogspot) karena lebih efisien dan tidak ribet. Oke sampai situ saja penjelasan mengenal Wordpress dan Blogger

Terima Kasih Telah Berkunjung 

Salam


Blog Teknologi Kini => Mengenal Wordpress dan Blogger

Comments

Popular Posts